Cara Jualan Otomatis di Whatsapp

Ada cara yang bisa membuat kalau menjual secara online bisa dibuat lebih otomatis dan lebih cepat, tanpa perlu kita sibuk membalas balas pertanyaan mereka tapi mereka akan langsung transfer ke kita. Kalau Anda berjualan menggunakan whatsapp maka harus segera pindah menggunakan whatsapp business sebagai alat yang paling penting untuk menjangkau calon pembeli. Dengan cara jualan otomatis di whatsapp bisnis, kita bisa meringkas banyak hal yang yang tidak perlu kita jawab lagi secara manual.

Membuat katalog

Cara pertama untuk membuat lebih otomatis dalam jualan online yaitu dengan membuat katalog produk pada bagian bisnis tools di whatsapp bisnis. Kita bisa masukin produk atau masukan jasa yang dijual dengan menekan add item, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memberi nama produk yang dijual, lalu masukkan harganya untuk produk atau jasa tersebut, beri deskripsi tentang apa yang Anda jual.

Di bagian bawahnya lagi ada yang namanya link, kalau Anda sudah punya website dan produk tersebut sudah punya link sendiri maka bisa dimasukkan di sini, bisa juga dimasukkan alamat video YouTube yang berisikan tentang cara pakai atau review produk/ jasa yang Anda jual.

Tambahkan SKU dan Foto produk

Ada yang namanya kode item, jadi setiap produk yang Anda jual bisa diberi nomor untuk mempermudah mengetahui seberapa banyak produk yang dilihat dan akhirnya dibeli. Nanti jangan lupa di bagian atas kita bisa tambahkan foto-foto dari produk atau jasa yang bisa di dibeli calon pembeli, kalau ada beberapa foto itu lebih bagus lagi karena mereka bisa melihat-lihat lebih banyak sehingga lebih ingin membeli.

Kalau katalog yang sudah jadi kita bisa memberi link untuk datang ke katalog ini, jadi kalau ada orang bertanya daftar harga langsung saja berikan link katalog ini. Dia akan bisa melihat barang-barang apa saja yang dijual dan daftar harga masing-masingnya berapa, tanpa perlu kita susun atau beritahukan satu demi satu tapi calon pembeli bisa mendapatkan daftar produk dan harganya dengan tertata rapi.

 

Buat balasan otomatis

Cara jualan otomatis di whatsapp bisnis yang kedua adalah dengan mempunyai pesan-pesan yang yang terkirim otomatis kepada calon pembeli, jadinya kita tidak perlu untuk membalas setiap orang yang bertanya satu demi satu. Yang pertama bernama away message, maksudnya adalah pesan yang otomatis akan terkirim ke calon pembeli misalnya kita sedang tidak melakukan penjualan karena sudah lebih dari jam 9 malam, atau toko online nya belum buka.

Misalnya ada orang yang bertanya jam 11 malam, maka secara otomatis whatsapp bisnis akan mengirimkan pesan bahwa ke tokonya sudah tutup jam 9, tentu saja pesan yang akan dikirim bisa kita ubah sesuai keinginan kita.

Ada juga yang namanya greeting message, ini adalah pesan yang otomatis terkirim ketika ada orang yang mengirim whatsapp ke kita. Yang akan dikirimkan pesan ini adalah orang yang baru pertama kali melakukan chat whatsapp dengan kita, atau mungkin orang yang sudah pernah chat tapi selama dua minggu terakhir tidak chat dengan kita. Kalau pakai pesan otomatis begini, calon pembeli jadi merasa tidak akan tertipu dan merasa ada yang yang membalas dari toko online tempat dia mau membeli.

 

Siapkan Quick Reply

Dan ini yang sangat berguna juga namanya quick reply. Kita bisa memberi singkatan huruf lalu akan keluar tulisan lengkap dari singkatan tersebut. Misalnya kita menulis rek, dan sudah kita setting bila menulis kata tersebut akan mengeluarkan secara lengkap nama dan nomor rekening kita yang digunakan untuk menerima transfer pembelian dari pembeli. Itu salah satu contoh penggunaannya, bisa juga anda gunakan pada orang yang misalnya bertanya alamat atau garansi, dan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan kepada anda.

Dengan melakukan langkah-langkah otomatisasi pada bisnis menggunakan cara jualan otomatis di whatsapp, dapat meningkatkan penjualan dan waktunya dapat kita gunakan untuk beristirahat atau mengerjakan pekerjaan yang lain.

 

Sumber : https://goodbizid.com