Cara Mudah dan Praktis Membersihkan Kompor Gas Tanam di Rumah

Banyak orang yang kesulitan dan belum tahu cara membersihkan kompor gas tanam. Dikarenakan takut kompor gas tanam tersebut akan merusak komponen kompor. Kompor gas tanam ini diletakkan ke meja dapur dan sering kali orang kebingungan bagaimana cara membersihkannya. Apalagi jika kompor tersebut merupakan kompor listrik yang memiliki komponen dengan material berbahan plastik.

Ternyata, membersihkan kompor ini tidak sesulit yang Anda kira. Jangan khawatir, ikuti langkah-langkah di bawah ini agar kompor gas tanam Anda kembali bersih dan kinclong. Simak penjelasan lengkapnya mengenai cara mudah membersihkan kompor gas tanam di rumah sebagai berikut.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan kompor gas secara praktis dan mudah di rumah yaitu sebagai berikut :

1. Melepaskan Regulator dan Rendam Tungku

Cara pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membersihkan kompor tanam. Setelah itu, pastikan api tidak menyala dan suhu kompor sudah dingin, atau suhu normal ruangan. Setelah kompor dalam keadaan dingin, lepaskan regulator pada kompor dan gas.

Jika regulator sudah dilepas dari kompor dan gas, angkat tungku kompor kemudian rendam tungku menggunakan air panas kurang lebih selama 10 sampai 15 menit. Tujuan merendam tungku dengan menggunakan air panas ini dapat menghilangkan noda membandel yang menempel pada tungku.

Jika noda membandel masih ada yang menempel pada tungku, Anda dapat menyikat dan membersihkan tungku tersebut dengan menggunakan sabun dan spons sampai bersih.

2. Membersihkan Bagian Kaca Kompor

Jika Anda mempunyai kompor gas tanam yang menggunakan kaca, berikut ini cara membersihkannya.

Anda harus menyiapkan tisu atau kain halus yang sudah dibasahi menggunakan air untuk membersihkan kaca kompor gas tanam. Gosok bagian kaca dengan perlahan sampai noda menghilang dan terlihat kinclong. Tambahkan sedikit cairan kimia pada kaca kompor untuk menghindari lapisan kaca rusak.

3. Bersihkanlah dibagian stainless pada kompor

Anda dapat membersihkan di bagian yang bermaterial stainless steel pada kompor tanam. Yaitu dengan cara bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih yang memiliki kandungan anti karat. 

Kemudian selain cairan pembersih, Anda juga bisa dengan menggunakan serbuk yang khusus untuk stainless steel untuk membersihkan kompor. Caranya yaitu dengan menggosok kompor tanam secara perlahan dengan menggunakan kain bersih atau lap yang lembut.

4. Sikatlah pada permukaan burner

Burner yaitu inti dari kompor tanam yang harus rutin Anda bersihkan. Cara membersihkan bagian burner bisa terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menyikat burner dengan menggunakan sikat gigi kering. 

Selain sikat gigi kering, Anda juga dapat menyikat burner dengan menggunakan peniti atau juga kawat. Hal ini bertujuan agar menghilangkan debu yang menyumbat di lubang burner.

Membersihkan pada bagian burner adalah hal yang dinilai sangat penting untuk dilakukan. Karena agar memastikan burner tetap bersih tanpa terdapat debu yang menghambat serta menyumbat api yang keluar.

5. Memasang kembali semua komponen kompor tanam

Jika semua cara membersihkan sudah Anda lakukan dan sudah selesai, maka Anda harus memasang kembali semua komponen kompor tanam dengan baik. Pasanglah kembali tungku pada kompor. Kemudian jangan lupa pasang lagi regulator agar Anda dapat memasak kembali.

 

Bahan Pembersih Kompor Gas Tanam

Ada beberapa bahan pembersih kompor gas tanam yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kompor gas tanam di rumah, yaitu:

1. Hidrogen Peroksida dan soda kue

Dua benda ini bisa Anda gunakan jika terdapat noda pada kompor yang susah dibersihkan dengan air. Cara membersihkan kompor gas tanam dengan bahan ini yaitu bubuhkan hidrogen peroksida dan soda kue ke kompor. 

Kemudian gunakanlah sikat yang lembut pada area yang terdapat noda susah hilang atau noda membandel. Dan jika Anda tak ingin kompor gas tanam Anda lecet, maka Anda bisa menggunakan spons dalam membersihkan nodanya.

2. Soda kue

Agar membersihkan noda yang susah hilang pada kompor, Anda juga dapat menggunakan soda kue. Caranya yaitu dengan taburkan soda kue di atas noda yang susah hilang. Hal ini bertujuan supaya noda yang susah hilang bisa terserap oleh soda kue.

Setelah itu letakkan handuk yang basah pada atas soda kue. Lalu biarkan selama kurang lebih 15 menit supaya noda bisa terserap dengan maksimal. Dan jika sudah 15 menit, Anda dapat langsung mengelap kompor gas tanam Anda dengan menggunakan lap kering.

3. Cuka dan Lemon

Bahan pembersih yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kompor gas tanam ini adalah campuran cuka dan lemon. Yang harus Anda lakukan adalah mencapura kedua campuran tersebut kemudian ambil kain halus dan basahi menggunakan campuran tersebut.

Cuka ini ampuh dalam membersihkan noda yang membandel  dan dapat membuat kompor tampak berkilau kembali. Sedangkan manfaat lemon yaitu mempunyai kandungan yang mampu membersihkan kompor gas tanam ini nampak seperti baru kembali.

 

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mudah membersihkan kompor gas tanam di rumah. Membersihkan kompor gas tanam di rumah memanglah mudah, tidak sesulit yang dibayangkan. Anda dapat langsung mempraktekkan cara mudah membersihkan kompor gas tanam di atas.

Jika Anda masih merasa kesulitan untuk membersihkan kompor gas tanam, Anda bisa menggunakan layanan cuci karpet sidoarjo. Eits, jangan salah sangka dulu. Selain bisa membantu dalam membersihkan karpet, ternyata layanan tersebut juga bisa membantu Anda dalam membersihkan peralatan rumah lainnya. Jadi anda bisa sekaligus membersihkan seluruh komponen di rumah anda.