Contoh Artikel Pendidikan Pentingnya Pendidikan Karakter

Artikel pendidikan adalah tulisan yang memuat pembahasan mengenai pendidikan. Pendidikan dalam arti luas adalah yang bersifat formal maupun informal. Artikel pendidikan dibuat dengan maksud untuk memberikan informasi perihal pendidikan kepada para pembaca.

Artikel pendidikan dapat dipublikasikan di koran, majalah, blog, forum online, dan lain sebagainya dimana terdapat audience yang nantinya akan membaca artikel yang dibagikan.

Dalam artikel pendidikan biasanya terdapat sub pembahasan yang menjadi fokus pembahasan suatu artikel. Diantara sub pembahasan mengenai artikel pendidikan adalah yang mengenai moral, agama, kurikulum, sekolah, mata pelajaran, efektivitas pembelajaran, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh artikel tentang pendidikan karakter:

Pentingnya Pendidikan Karakter

Pendidikan adalah hal yang amat penting dan menjadi hak asasi seorang anak dan seorang manusia. Sebagaimana dalam pembukaan UUD, tujuan bernegara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum. Ini adalah hal fundamental yang harus dipahami oleh setiap orang baik yang terlibat langsung maupun yang tidak terlibat langsung dalam dunia pendidikan.

Pendidikan karakter artinya proses belajar mengajar yang ditujukan untuk membentuk karakter seorang anak menjadi karakter yang baik yang berasal dari pikiran yang benar, sikap yang benar, dan perilaku yang benar yang sesuai dengan sosial, agama, dan moral.

Aristoteles mengatakan bahwa hal yang paling penting yang dimiliki oleh seseorang adalah karakter. Hal yang paling mahal yang dimiliki oleh seseorang adalah karakternya, jika ia sudah memiliki karakter yang baik maka ia akan mampu menangani segala macam tantangan dalam hidup, bersikap baik untuk sesama, mampu tumbuh menjadi lebih baik, serta mampu bermanfaat bagi sesama.

Dengan karakter yang baik yang berasal dari pendidikan yang dilakukan di rumah, sekolah, tempat pengajian, organisasi, dalam ekstrakurikuler dan lain sebagainya, seorang anak diharapkan mempunyai karakter yang kuat dan mampu menjadi diri sendiri yang penuh dengan percaya diri serta bersikap positif terhadap hidup.

Karakter dibentuk melalui pembiasaan yang dilakukan oleh peserta didik baik di lingkungan formal maupun di lingkungan informal.