Ini Dia Arti Warna Jas Almamater Kampus

Ketika berkuliah di suatu universitas, memperoleh jas almamater sudah menjadi suatu kewajiban tersendiri. Jas tersebut berguna sebagai hal yang mengindikasikan identitas kampus tersebut, sehingga masyarakat awam bisa menganggap bahwa mahasiswa tersebut merupakan representasi baik dari kampus. Ada beberapa arti warna jas almamater, penjelasannya seperti berikut ini.

 

  • Warna Biru Tua

Banyak sekali universitas yang menerapkan warna biru tua sebagai jas almamater. Hal tersebut karena biru tua ini melambangkan persatuan, stabilitas, kepercayaan diri, dan kehormatan bagi pemakainya. Mahasiswa yang memakainya diharapkan mampu memiliki sifat-sifat tersebut ketika mereka terjun ke masyarakat.

Beberapa universitas yang menerapkan warna biru tua sebagai almamaternya yaitu Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, UIN Sunan Gunung Djati, dan berbagai universitas lainnya. Warna biru tua itu pun dipercaya mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi tenang, sehingga tidak heran apabila banyak kampus yang menggunakan warna ini.

  • Warna Kuning

Jas kuning lebih sering diidentikkan dengan Universitas Indonesia, namun ada banyak pula universitas lain yang menerapkan warna serupa untuk almamaternya. Warna kuning seringkali disamakan dengan warna cerah yang mampu memancarkan semangat baru, kehangatan, dan juga keceriaan.

Karena warnanya yang cukup mudah ditemui, maka menggunakan jasa konveksi untuk membuatnya pun menjadi tidak terlalu sulit. Untuk itulah, memanfaatkan jasa https://konveksi.co/almamater untuk membuat jas almamater kampus maupun jas almamater OSIS dengan warna kuning bisa dilakukan tanpa harus merasa khawatir akan warna yang tidak cocok, sebab jasa ini menjanjikan kualitas kain yang tinggi.

 

  • Warna Hijau

Terakhir yaitu warna hijau, yang juga diibaratkan sebagai warna alam yang begitu damai, aman, dan menenangkan. Pada jas almamater kampus, warna hijau diharapkan mampu menjadi lambang kesuburan, kesegaran, harmoni, dan pertumbuhan para mahasiswa agar bisa menjadi orang yang berguna ketika masa pembelajarannya sudah hampir selesai.

 

Semua arti warna jas almamater tersebut memang bervariasi dan masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri. Karena pihak kampus telah menaruh perhatian yang begitu detail terhadap warna apa saja yang mampu menjadi representasi mereka agar bisa memperoleh nama baik di antara masyarakat luas.