Kandungan Kalsium Susu Kedelai Beserta Cara Membuat Susu Kedelai

Susu kedelai, sebuah minuman susu nabati yang diolah dari kacang kedelai. Susu kedelai ini disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan seperti dengan susu. Jus kedelai sebenarnya merupakan produk sampingan alami dari pembuatan tahu. Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan kandungan kalsium susu kedelai beserta cara membuat susu kedelai.

Resep Minuman Sari Kedelai

1. Susu Sari Kedelai Sederhana

Bahan:

  • 1/2 sdt vanili
  • 150 gr atau 10 sdm gula pasir
  • 250 gr kacang kedelai
  • 1/2 sdt garam
  • 1500 ml air mineral

Cara membuat:

  1. Cuci kedelai, lalu rendam selama kurang lebih 8 jam atau semalaman.
  2. Setelah direndam hancurkan kacang untuk menghilangkan kulitnya.
  3. Pastikan kulit ari terkelupas dengan bersih, jika tidak susu akan habis. Jika kedelai bersih dari kulitnya, cuci kedelai dan rebus selama sekitar 5 menit.
  4. Siapkan blender, lalu tambahkan kedelai dan air mineral. Blender serta pastikan kedelai dihancurkan menjadi bubur.
  5. Saring susu kedelai memakai kain. Jangan pakai saringan kelapa, agar tidak ada ampasnya. Peraslah kedelai hingga kering.
  6. Ambil panci dan tambahkan jus kedelai, gula tebu, vanila, dan garam. Rebus selama sekitar 5 menit sambil diaduk. Jika ada busa, keluarkan dan buang busanya.
  7. Jika sudah, susu kedelai bisa dinikmati.

 

2. Susu Sari Kedelai Rasa Coklat

Bahan:

  • 3 sdm cokelat bubuk murni
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sachet vanili
  • 1 sdt garam
  • 250 gr kacang kedelai
  • 1500 ml air mineral

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkuk lalu ambilah kacang kedelainya. Cuci bersih dengan air lalu rendam selama kurang lebih 8 jam atau semalaman. Di pagi hari, tumbuklah kedelai untuk membuka kulitnya.
  2. Ulangi proses mengupas kedelai, pastikan benar-benar bersih supaya tidak lemas. Bilas setelah matang, lalu rebus sebentar, sekitar 5 menit.
  3. Gunakan blender, lalu campurkan kedelai dan air mineral hingga menjadi bubur.
  4. Gunakan kain untuk menyaring sari kedelai. Saring sampai kedelai benar-benar kering.
  5. Masak air kedelai, campur coklat bubuk, gula tebu, vanili dan garam. Rebus selama sekitar 5 menit sambil diaduk. Buang busanya jika ada saat merebus kedelai.
  6. Susu kedelai rasa coklat siap dinikmati.

Gunakan mesin susu kedelai dan mesin giling kedelai untuk mempermudah pembuatan minuman diatas.

 

Manfaat Susu Kedelai

1. Mencegah Osteoporosis.

Kandungan fitoestrogen dalam kedelai tidak hanya membantu mengatasi sindrom paska menopause, tetapi juga mampu membantu mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh. Hal ini sangat baik dalam mencegah osteoporosis karena kandungan kedelai juga dapat mencegah hilangnya massa pada tulang. Susu kedelai dengan tambahan kalsium dan vitamin D baik jika dikonsumsi secara teratur untuk mencegah osteoporosis.

2. Mencegah Kanker Prostat

Kanker prostat adalah kanker yang dapat berkembang di kelenjar prostat, serta umumnya ditandai dengan munculnya gangguan buang air kecil. Penyakit ini biasanya menyerang pria yang berusia 65 tahun keatas.

Kanker ini berkembang perlahan dan juga cukup agresif. Susu kedelai adalah sumber unik fitoestrogen, hormon tanaman yang dapat menghambat jumlah produksi testosteron pada pria. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang jarang mengkonsumsi kedelai lebih mungkin mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

3. Menurunkan Berat Badan

Jumlah kalori yang lebih kecil dari susu sapi, membuat sari kedelai cocok untuk para pelaku diet dan vegetarian. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu juga dapat mencegah penyerapan lemak di usus, sehingga dapat menjaga berat badan lebih stabil.

Asam lemak dalam susu kedelai juga bisa membantu pencernaan untuk menyerap lemak. Ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

 

Itulah pembahasan kali ini tentang kandungan kalsium susu kedelai beserta cara membuat susu kedelai.