Manfaat Akupuntur

Akupuntur merupakan cara pengobatan alternatif yang berasal dari negeri tirai bambu. Prosedur yang digunakan yaitu dengan cara menusukan jarum tertentu pada titik tertentu pada kulit. Meskipun menggunakan jarum namun pengobatan dengan akupuntur tidak menyebabkan nyeri di kulit. Bahkan pengobatan akupuntur membuat tubuh menjadi lebih baik. Karena itulah akupuntur semakin populer dan diterima di segala penjuru dunia.

Lalu apa saja manfaat akupuntur? Berikut ulasannya.

Mengurangi migrain

Sakit kepala akibat migrain adalah salah satu penyakit yang sangat populer dan menjangkiti siapa saja. Jika anda mengalami migrain maka akupuntur dapat meredakan migrain. Namun ini bukan klaim segelintir orang saja namun telah dilakukan penelitian pada tahun 2009 pada 2.137 pasien akupuntur dengan 11 studi yang dilakukan oleh Center for Complementary Medicine milik University of Munich. Hasilnya akupuntur menjadi salah satu alat yang dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala kronis dan akupuntur juga terbukti dapat meminimalisir sakit kepala.

 

Meredakan sakit pada sendi

Selain masalah sakit kepala karena migrain, akupuntur juga dapat bermanfaat meredakan nyeri pada sendi seperti leher, lutu, arthritis, dan punggung. Hal ini telah terbukti berdasarkan studi yang dilakukan oleh University Medical Center of Berlin di Jerman pada tahun 2006 yang mengatakan bahwa akupuntur telah terbukti dapat meredakan nyeri pada punggung dibandingkan tidak melakukan akupuntur sama sekali.

Bahkan sebagian pasien sakit punggung kronis juga mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam hanya 8 minggu saja.

 

Mengatasi Insomnia

Kali ini dari Beijing University of Chinese Medicine yang melakukan studi pada tahun 2009, mendapatkan hasil bahwa insomnia dapat diatasi dengan akupuntur dan dengan akupuntur maka efeknya akan mengalami pemulihan yang jauh lebih baik ketimbang menggunakan obat atau dengan menggunakan jamu saja.

 

Membantu memulihkan pasca kemoterapi

Pasien yang telah melakukan kemoterapi maka akan mengalami penurunan dari sisi kesehatannya. Ini dapat diatasi dengan akupuntur sebagaimana yang dikatakan oleh National Cancer Institute yang membuktikan bahwa akupuntur dapat mempercepat pemulihan pasca kemoterapi.