Pentingnya Keberadaan Tempat Sampah Organik dan Anorganik

Keberadaan tempat sampah organik dan anorganik saat ini memegang peranan yang sangat penting dalam pengolahan limbah. Limbah sampah yang kian hari kian menumpuk tentu bisa saja memberikan dampak buruk jika dibiarkan begitu saja. Agar tidak menyebabkan penyakit, pencemaran lingkungan, dan bencana alam, memisahkan antara satu sampah dengan sampah lainnya memang sangat penting.

Selain menghindari dampak buruk, pemilahan sampah juga dilakukan karena masing-masing sampah memiliki karakteristiknya masing-masing. Sampah organik merupakan sampah dari benda yang mudah mengalami proses penguraian seperti sisa makanan, tumbuhan, dan lain-lain. Jenis sampah organik ini bisa diolah kembali sebagai kompos yang bermanfaat untuk menyuburkan tanaman atau bisa juga dijadikan sebagai makanan ternak.

Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang bersifat sulit diurai, seperti plastik, botol, kaleng, kardus, dan lain-lain. Meskipun sulit diurai, namun jenis sampah ini bisa didaur ulang kembali menjadi benda-benda yang memiliki nilai baru. Sampah anorganik bisa dibentuk menjadi kerajinan tangan maupun barang baru oleh pabrik-pabrik yang membutuhkannya.

Karena sifatnya yang berbeda, maka kedua jenis sampah ini dianjurkan untuk dipisah dengan menggunakan tempat sampah organik dan anorganik. Untuk lebih lanjut, berikut ini pentingnya memisahkan sampah organik dan non organik.

 

Memudahkan Proses Daur Ulang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kedua jenis sampah ini bisa dimanfaatkan untuk membuat produk atau benda dengan nilai yang baru. Bayangkan saja saat sampah organik dan anorganik dibuang di tempat yang sama, pasti akan menyulitkan untuk memilah bukan?

 

Membuat Hidup Lebih Sehat

Sampah yang menumpuk dan bercampur-campur akan menjadi sarang bakteri dan kuman yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Selain itu, jika tidak dipisahkan sampah akan mencemari udara yang bisa menyerang kesehatan pernapasan khususnya paru-paru. Dengan memisahkan sampah organik dan anorganik di tempat yang berbeda, maka anda bisa meminimalisir kemungkinan buruk tersebut terjadi.

 

Meningkatkan Kebersihan Lingkungan

Pernahkah anda melihat tempat sampah yang menumpuk dan terdiri dari barang-barang yang bercampur? Selain akan menyebabkan sarang penyakit, tumpukan sampah ini juga akan membuat lingkungan tampak berantakan. Bau menyengat yang ditimbulkan akan mengganggu kenyamanan sekitar. Ingatlah bahwa untuk menciptakan lingkungan yang sehat harus dimulai dengan lingkungan yang bersih.

 

Nah, itu dia beberapa manfaat pentingnya keberadaan tempat sampah organik dan anorganik. Yuk mulai dari diri sendiri dengan rajin memisahkan jenis sampah. Jangan membuangnya begitu saja jika ingin hidup sehat dan bersih.