Stolon: Kemampuan Hebat Tanaman untuk Memperbanyak Diri

Dalam ilmu botani, stolon adalah batang yang tumbuh di bawah permukaan tanah yang membentuk buku-buku atau ruas yang akan ditumbuhi oleh tunas baru. Sebagian tumbuhan memiliki stolon yang berada di atas permukaan tanah seperti strawberry dan sebagian tanaman memiliki stolon yang berada di bawah permukaan tanah seperti rumput teki.

Stolon merupakan salah satu cara tumbuhan berkembang biak dan memperbanyak diri. Ini disebut dengan cara berkembang biak secara vegetatif, yaitu berkembang biak tanpa proses perkawinan. Misalnya stolon strawberry, perkembangbiakan ini memungkinkan kita menanam banyak strawberry dengan mudah. Anakannya juga bisa lebih cepat berbuah dibandingkan strawberry yang ditanam dari biji.

Salah satu hal yang unik dari stolon adalah, tumbuhan akan dapat tumbuh dengan sangat cepat dan mudah untuk menyebar. Ketika stolon tumbuh untuk membentuk tunas baru, ia akan menjauhi induk sehingga jangkauan tanaman akan semakin luas.

Eceng gondok adalah salah satu fenomena yang luar biasa dari cara tumbuhan memperbanyak diri sebab sedari awal eceng gondok hanya berjumlah sedikit di bantaran kali yang dibuang oleh kelompok peneliti di Indonesia. Kini eceng gondok telah banyak bahkan seringkali karena saking banyaknya merusak lingkungan sekitar dan merusak ekosistem dalam air.

Pertumbuhan eksponensial yang dialami oleh eceng gondok memiliki banyak faktor. Tak seperti tumbuhan yang tumbuh dengan cara stolon di tanah dimana jika tumbuhan tumbuh di tanah, maka ia perlu bertahun tahun untuk dapat mengeksplor ke wilayah baru secara alami.

Eceng gondok dapat berpindah puluhan kilometer dalam sehari karena terbawa arus. Selain itu unsur hara dalam air sungai sangat melimpah yang membuat tak ada yang menghalangi pertumbuhannya.

Rumput teki adalah contoh lainnya yang memanfaatkan kemampuan memperbanyak diri dengan stolon yang sangat sukses sebagai sebuah makhluk hidup. Ia dapat berkembang dengan sangat cepat meskipun dipangkas habis di satu tempat, maka ia akan terus tumbuh. Dan membuat tunas baru. Inilah yang membuat rumput teki seolah tak pernah berhenti tumbuh meski telah rajin dicabut.

Hal ini terjadi karena akar dan stolonnya terus tumbuh di bawah tanah mengembangkan sistem yang kompleks untuk dapat bertahan hidup.