lidah buaya untuk jerawat

Tips Kecantikan; Lidah Buaya untuk Jerawat

Sudah sejak lama dunia kecantikan mengenal manfaat lidah buaya untuk jerawat. Lendir dari tanaman ini dikenal sangat ampuh membantu mengatasi jerawat secara alami. Bahkan tidak sedikit produk kecantikan yang berbasis bahan lidah buaya di pasaran. Sejauh mana efektivitas lidah buaya sebagai pengobatan jerawat?

Tanaman Lidah Buaya

Sejenis tanaman yang masuk kategori sukulen atau berkerabat dengan kaktus, dengan bentuk khas berdaun tebal, berdaging dan berduri. Daging buah berupa lapisan semi transparan berlendir. Dan inilah yang banyak dicari oleh masyarakat. Daging daun dan lendirnya sendiri dapat dikonsumsi dan digunakan sebagai perawatan wajah.

Tanaman ini sendiri termasuk jenis tanaman bandel yang mudah tumbuh di berbagai suhu dan kondisi. Tidak membutuhkan banyak air, jadi juga tidak terlalu repot untuk dirawat sebagai tanaman hias. Jadi tidak sedikit dari Anda mungkin memiliki tanaman ini di halaman rumah.

Tidak hanya cantik menghias pekarangan, tanaman ini juga sangat kaya manfaat.  Daun lidah buaya dikenal baik untuk panas dalam, membantu merawat peradangan karena adanya unsur astringent dan anti inflamasi di dalamnya. Lidah buaya juga diketahui baik untuk fungsi pencernaan. Dan terakhir, daun lidah buaya, terutama lendirnya dikenal sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

lidah buaya untuk jerawat

Pemanfaatan Lidah Buaya Untuk Jerawat

Lendir lidah buaya memiliki sejumlah cara untuk membantu penyembuhan jerawat. Adapun sejumlah cara tersebut antara lain adalah :

Sebagai masker

Lendir alami dari lidah buaya bisa digunakan untuk terapi pada wajah. Oleskan lendir lidah buaya secara merata pada wajah dan diamkan beberapa saat. Lalu setelah mulai terasa kering, bilas wajah dengan air bersih sampai sisa lidah buaya hilang.

Anda bisa padukan cairan lidah buaya ini dengan bubuk kayu manis, perasan lemon, minyak esensial, bubuk kunyit dan lain sebagainya. Gunakan minyak esensial seperti minyak rosemary atau minyak tea tree yang dikenal efektif atasi jerawat. Perpaduan bahan masker ini akan membantu mendapatkan hasil lebih optimal dan cepat.

Lidah buaya sendiri memiliki tingkat resiko rendah terhadap kulit. Justru perawatan dengan lidah buaya tidak hanya baik untuk atasi jerawat. Tetapi juga baik untuk mengembalikan kesegaran kulit dan melembabkan. Ini akan meningkatkan ketahanan kulit dengan lebih baik.

Sebagai facemist

Campurkan lendir dari daun lidah buaya bersama esensial oil yang cocok untuk Anda dan air yang telah disterilkan. Anda juga bisa gunakan air hasil rebusan kelopak mawar atau air rebusan putik saffron bila ingin.

Campur adonan hingga merata dan masukan ke dalam botol semprot. Gunakan terapi ini sebagai penyegar kulit, saat setelah membersihkan wajah, di saat kulit terasa lelah atau teriritasi akibat pemakaian make up atau aktivitas luar ruangan. Anda juga bisa gunakan sebagai terapi sebelum tidur.

Terapi ini efektif membantu memulihkan kondisi kulit yang lelah. Dan unsur lidah buaya serta bahan bahan lain akan efektif untuk meredakan jerawat dan peradangan. Sehingga terapi ini akan bekerja merawat kulit secara menyeluruh.

Sebagai scrub wajah

Campurkan lendir lidah buaya bersama minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian tambahkan gula pasir ke dalam adonan. Oleskan dan pijat perlahan dan merata pada wajah. Diamkan beberapa saat sebelum kemudian dibilas hingga bersih.

Adonan lidah buaya ini tidak hanya baik untuk jerawat, tetapi efektif mengangkat sel kulit mati. Tetapi tidak menyebabkan kulit iritasi dan menjadi kering. Karena lidah buaya merawat lapisan kulit dalam yang terbuka akibat efek scrubbing.

Lidah buaya ternyata memiliki banyak fungsi dan manfaat. Termasuk diantaranya pemanfaatan lidah buaya untuk jerawat. Ada banyak cara lagi untuk merawat jerawat dengan alami. Temukan informasi lebih lanjut tentang ini di cantikq.com.